Selamat malam rekan Olic Solution, hari-hari ini saya disibukkan dengan begitu numpuknya kerjaan hp maupun laptop sehingga baru sempat menulis buat blog baru ini. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman menangani laptop. Beberapa hari yang lalu saya dapat servisan Laptop BYON M3311 Blank Display. Laptop ini lama tidak terpakai, setelah rusak dibiarkan saja sampai dipenuhi oleh semut. Board untuk laptop ini memakai Compal LA3241P HGL31.

Download Skema Laptop Byon M3311 / Compal LA3241P HGL31

Pertama saya koneksikan ke monitor eksternal, alhasil tidak juga menampilkan sesuatu, sama saja blank screen. Lampu indikator power nyala, tetapi indikator media/hardisk tidak menyala. Saya cek semua komponen RAM maupun CPU bekerja dengan baik. Saya deteksi dengan cara meraba-raba, chipset VGA tetap dingin sedikitpun tidak panas. Saya simpulkan VGAnya tidak bekerja. Kemudian saya ukur +LCDVDD tidak keluar tegangan yang bersumber dari +3VS. dan enable nya GMCH_LVDDEN dari chipset VGA tidak keluar sama sekali. Ukur tegangan-tegangan penyuplay VGA, salah satunya +1,8VS hilang.

+1,8VS sendiri bersumber dari +1.8V setelah melewati U25. +1.8V ternyata juga hilang. Telusuri kebelakang lagi. +1.8V dihasilkan chip OZ813LN, PQ22 dan PQ23. Saya ukur mosfet PQ23 tidak bekerja. Setelah saya resolder ternyata keluar juga +1,8V.


Belum cukup sampai disini, ternyata setelah semua supplay tegangan untuk VGA terpenuhi, VGA juga tidak bekerja. Lampu indikator media/hardisk sudah bekerja tandanya laptop sudah bisa booting. Saya koneksikan ke monitor eksternal juga tetap blank.

Dengan tetap semangat saya mulai menyalakan SMD Rework Station / Blower. Saya rehot dengan suhu kira-kira 200 derajat celsius selama kurang lebih 3 menit. Saya coba hidupkan laptop membuahkan hasil. Di internal LCD blank Putih, saya pakai monitor eksternal ternyata hidup normal. saya ganti LCD tetap white screen, fleksibel keadaan bagus, jalur-jalur pun masih baik. Kemudian saya singkirkan dahulu dan menyelesaikan kerjaan lain yang numpuk.

Setelah 2 hari kemudian, saya rehot kembali dengan suhu kurang lebih 300 derajat celsius selama 5-7 menit. Hasilnya laptop bisa kembali normal.


Tapi masih ada yg kurang, batrei BIOSnya tidak ada, Saya lihat jalur batreinya sudah hilang dan terpaksa saya jumper.




Selesai dengan jumper Batrei BIOS



Akhirnya Laptop ini sudah kembali normal dan siap diambil oleh user.
Ini pengalaman saya, semoga bermanfaat buat rekan-rekan Olic Solution.






Posting Komentar

 
Top